Jokowi mengaku terinspirasi oleh sosok (Alm.) Jenderal Soesilo Soedarman.


Belum lama ini Jokowi mampir ke Museum Soesilo Soedarman di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dalam rangkaian kampanye di Pulau Jawa. Menurut dia, museum ini memiliki keunikan tersendiri karena terletak di tengah-tengah desa. Itu karena Museum Soesilo Soedarman dulunya adalah rumah tinggal dari Soesilo Soedarman (alm), seorang figur di masa pembangunan Indonesia.

Soedarman adalah Komandan Jenderal AKABRI yang sangat dihormati dan mantan Atase Pertahanan RI di Amerika Serikat (AS) pada dekade 1970-an. Dia juga sempat memangku beberapa jabatan penting lainnya di pemerintahan Orde Baru, di antaranya Duta Besar Indonesia di AS, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi, serta Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.

Jokowi mengaku terinspirasi oleh sosok Soesilo Soedarman. “(Soedarman) jadi inspirasi bahwa orang desa bisa menjadi seorang jenderal yang besar. Sehingga dari desa juga akan ada yang jadi presiden,” ujar calon presiden nomor urut 2 itu.

Berkunjung ke Museum Soesilo Soedarman memang terasa seperti belajar sejarah Indonesia lewat rekam jejak seorang figur di masa pembangunan. Rekam jejak itu terbaca pada berbagai memorabilia serta perlengkapan dari operasi atau satuan militer yang mengikutsertakan Soedarman.

Di halaman museum berdiri dengan gagah pesawat OV-10 Bronco buatan AS yang pernah digunakan TNI dalam Operasi Seroja di Timor Timur pada pertengahan tahun 1976. Pesawat yang dikenal dengan julukan si “Kampret” ini memberi dukungan pada pasukan di darat dengan menjatuhkan bom, roket, atau peluru 12,7 mm.

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 33