Kemenristekdikti Dukung Penuh Riset Radioisotop dan Radiofarmaka

Tangsel, Sains Indonesia – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus menunjukkan dukungannya terhadap riset serta pengembangan rasioisotop dan radiofarmaka di Indonesia. Salah satunya melalui dukungan pendanaan dalam skema program pengembangan teknologi industri dan insentif sisten inovasi nasional (Insinas).

 

Batan Luncurkan Lima Produk Radiofarmaka

Tangsel, Sains Indonesia – Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) meluncurkan lima produk radiofarmaka. Produk hasil hilirisasi riset yang bisa digunakan untuk terapi dan diagnosa kanker serta sejumlah penyakit degeneratif itu secara resmi diluncurkan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir.

Menyulap Limbah Perikanan menjadi Biolistrik

Lewat bantuan mikroba, Dwilina menyulap biomas dari limbah perikanan menjadi energi listrik.

Mahasiswa IPB Ciptakan Kertas dari Ampas Agar-Agar

Sabilla Ramadhani, mahasiswa dari Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengolah ampas agar-agar Gracilaria Verrucosa menjadi kertas yang ramah lingkungan. 

Lindungi Laut Untuk Keberlanjutan Sumber Daya Perikanan

Menteri Susi menyarankan berbagai langkah yang dapat dilakukan bersama untuk melindungi laut demi keberlanjutan sumber daya perikanan dunia.

BIG Luncurkan Peta Jalur Mudik

Bogor, Sains Indonesia - Menjelang mudik lebaran tahun ini, Badan Informasi Geospasial (BIG) meluncurkan Peta Jalur Mudik Versi Cetak 2017. Peta informasi geospasial hasil kerja sama BIG bersama Korlantas Mabes Polri dan Institut Teknologi Nasional (Itenas) ini diklaim lebih akurat, update, serta lengkap dibanding peta mudik sebelumnya.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia