Taman Sains Enjiniring, Wadah Belajar Mekanisasi Pertanian

Serpong, Sains Indonesia – Pertengahan tahun ini, Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) akan meresmikan Taman Sains Enjiniring Pertanian (TSEP). Di bawah pengelolaan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), taman ini diharapkan bisa menjadi wadah belajar dan diseminasi alat teknologi pertanian (alsintan) inovasi anak bangsa.

BBP Mektan Gelar Pelatihan Jarwo Transplanter

Serpong, Sains Indonesia – Pelatihan alat tanam padi jajar legowo (jarwo transplanter) yang digelar Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan), 25 April 2017, berjalan sukses. Selain mendapatkan teori, para peserta juga dilatih untuk mengoperasikan secara langsung alsintan inovasi Balitbangtan itu di lapangan.

Mekanisasi Pertanian Adalah Masa Depan

Serpong, Sains Indonesia – Dengan jumlah tenaga kerja sektor pertanian yang semakin menurun karena para pemuda lebih banyak memilih meninggalkan desa, maka bagi PT Rutan, mekanisasi pertanian adalah masa depan. “Dengan mekanisasi, kita mampu menurunkan biaya produksi dan meningkatkan efisiensi waktu tanam hingga panen,” ujar Product Manager Pre-Harvest Division PT Rutan, Himawan Wibisono di Serpong (25/4).

Indonesia Kampanye Pemulihan Mangrove

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Konferensi Mangrove Internasional. Sawasta diminta sisihkan 10% dana CSR untuk pemulihan mangrove.

Kemenristekdikti Susun Peta Jalan Riset Kesehatan Nasional

Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI – FKUI) di Salemba, Rabu (12/4)

Riset berkualitas dapat menjadi solusi bagi permasalahan bangsa, sekaligus menjawab tantangan global. IMERI-FKUI didorong menjadi Pusat Unggulan Iptek Bidang Kesehatan.

Wapres JK: Dokter Indonesia Jangan hanya Konsumsi Produk impor

Dokter jika tidak meneliti selama tiga tahun, ilmunya hanya sisa setengahnya. Karena itu, dokter jangan hanya menjadi konsumen inovasi dan ilmu dari luar negeri.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia