Info Pengiriman Naskah

Salam hormat. Saya adalah dosen, penulis, dan peneliti yang berkecimpung di bidang bioproses khususnya pengolahan limbah.

Bisakah saya mengirimkan naskah tentang inovasi kompos yang saya teliti bersama anggota tim saya untuk dipertimbangkan dimuat di majalah ini? Terima kasih.

Happy Mulyani
Staf Pengajar Program Studi Teknik Kimia
Universitas Setia Budi Surakarta

Naskah bisa dikirim ke email kami This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk kemudian kami pertimbangkan pemuatannya.

- Redaksi

Menulis di Majalah Sains Indonesia

 

Salam hormat untuk redaksi Majalah Sains Indonesia. Saya mau bertanya bagaimana prosedur mengirim artikel untuk dimuat di Majalah Sains Indonesia? Berapa jumlah karakter maksimal dalam tulisan yang dikirim? Terima kasih.
 
Prima Makin 
( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

Syarat artikel bisa dimuat di Majalah Sains Indonesia tentu saja topik atau tema harus aktual. Artinya sesuai dengan peristiwa terkini. Selain itu artikel harus menyajikan argumen dan pandangan atau gagasan baru dan disajikan secara sistematis, runut, ringkas dalam alinea yang pendek, namun logis serta memiliki cakupan luas dan dalam bahasa ilmiah populer yang bisa dipahami khalayak pembaca umum. 

Dalam menyampaikan uraian jangan sumir, tidak bluffing, hoax, serta jangan berpurbasangka, serta menyebutkan sumber kutipan atau rujukan secara jelas dan tepat. Mengenai panjang tulisan, sebaiknya tidak lebih dari 750 kata.

Redaksi

Klarifikasi Dari Kebun Raya Cibodas

Terkait artikel Mengagumi Taman Bunga Sakura di Cibodas pada Majalah Sains Indonesia edisi April 2017, kami ingin mengklarifikasi, bahwa gambar yang ada dalam artikel tersebut, bukan foto suasana di Kebun Raya Cibodas. Pemandangan taman bunga sakura seperti di foto itu, tidak pernah ada di Cibodas, melainkan benar-benar foto sakura di Jepang yang diunggah salah seorang blogger. 

Perlu saya informasikan, sebelum foto tersebut dimuat di MSI pun telah banyak pengunjung yang menanyakan pada kami kapan suasana seperti dalam gambar itu bisa dinikmati di Kebun Raya Cibodas. 

Maaf, kami harus mengklarifikasi ini, agar tidak terjadi misspersepsi pembaca Majalah Sains Indonesia mengenai view taman sakura di Kebun Raya Cibodas.

Imawan Wahyu Hidayat, M.Si 
Peneliti Bidang Ekologi-Konservasi
Kebun Raya Cibodas

Terima kasih untuk koreksi dan klarifikasinya. Koreksi yang disampaikan ini, sangat bermanfaat bagi kami. Sebelumnya, kami telah berusaha menghubungi pihak Kebun Raya Cibodas untuk meminta dokumentasi foto, apakah ada koleksi foto taman sakura di Cibodas. Tapi belum mendapat respon.

Redaksi

Mohon Informasi Pasang Artikel

Mohon Informasi Langganan dan Bundel MSI

Apresiasi Terhadap MSI

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia