Inovasi Ubah Middle Income Jadi Berkah

Sejarah mencatat, 95 % negara berpendapatan menengah terperangkap dalam middle income trap. Tanpa inovasi dan pengembangan sains teknologi, Indonesia bisa saja terjebak dalam perangkap ini.

Memperkuat Diplomasi Sains

Indonesia harus memperkuat diplomasi sains. Fakta membuktikan, negara maju memiliki banyak saintis yang andal berdiplomasi untuk kemajuan sains, baik memengaruhi pengambil kebijakan maupun menjalin kerja sama internasional.  

Menciptakan Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi

Pemerintah terus fokus melahirkan para pengusaha pemula berbasis teknologi. Selain merespons kebutuhan pasar, sekaligus upaya menyerahkan  hilirisasi hasil riset dan inovasi anak bangsa.

Menegaskan Kedaulatan NKRI di Laut Natuna

Pemerintah Indonesia resmi mengubah sebutan Laut Cina Selatan menjadi Laut Natuna Utara. Nama baru ini makin menegaskan, kawasan tersebut merupakan wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Membangun Kalimantan Utara

Pemerintah menggenjot pembangunan di Kalimantan. Bukan karena wacana pemindahan Ibukota Negara ke salah satu provinsi di pulau itu. Melainkan, untuk mengembangkan sentra ekonomi baru. 

Dunia Lebih Berwarna Berkat Fotonika

Fotonika disebut-sebut sebagai solusi perangkat elektronika masa depan karena mampu mengatasi masalah kinerja dan efisiensi. Dunia pun bakal lebih berwarna.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia