Mewaspadai Cuaca Ekstrem

 

Tahun Baru 2018 akan berlangsung di bawah cuaca ekstrem, berupa hujan dengan curah tinggi serta gelombang tinggi. Peringatan itu datang dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Perkiraan BMKG soal cuaca ekstrem tentunya harus diantisipasi oleh kita semua hingga Februari 2018 mendatang.

Selain hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, juga harus diwaspadai  longsor dan banjir, serta peningkatan tinggi gelombang laut terutama di wilayah Perairan Barat Sumatera, Laut Natuna, Laut Jawa, Laut Banda dan Perairan Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara.

Munculnya badai atau siklon tropis Cempaka yang kemudian disusul siklon tropis Dahlia pada awal Desember, harus menambah kewaspadaan. Badai yang pertamakalinya menghantam Indonesia mengakibatkan bangunan dan infrastruktur di sejumlah wilayah porak poranda.

Belajar dari Jepang, anak usia dini sudah diajari dengan sikap antisipasi apabila terjadi bencana gempa bumi, tsunami dan lainnya. Sehingga masyarakat lebih siap menghadapi bencana. Sadar akan (potensi) bencana menjadi sangat penting. Apalagi, bila itu bisa menjadi gaya hidup atau kebiasaan yang terbentuk sejak dini.

Redaksi

Pahlawan Inovasi dan Teknologi

 

 

Peringatan Hari Pahlawan seringkali diwarnai keluhan tentang raibnya nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sosok pahlawan yang dinanti-nantikan salah satunya adalah Pahlawan Inovasi dan Teknologi. Sosok yang mampu menggerakkan kepedulian bersama untuk mencintai hasil karya anak bangsa. 

Kemandirian ekonomi sebuah bangsa, faktanya tidak bisa dipisahkan dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Para peneliti dan akademisi, serta orang-orang berbakat menghasilkan inovasi dan teknologi, kemudian kalangan pemodal, kelompok pengusaha dengan gembira mewujudkannya menjadi produk kebanggaan seluruh negeri. 

Kita membutuhkan sosok pahlawan yang bisa mewujudkan sinergi tersebut dan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri. Selamat Hari Pahlawan!

Redaksi

Lima Tahun Sains Indonesia Berkiprah

 

Media Segmented Mampu Bertahan

Melanjutkan Tradisi Juara

Peringatan Hari Geospasial ke-47 (17/10) menjadi momen membahagiakan kami. Pasalnya, salah satu staf redaksi majalah ini, Faris Sabilar Rusydi, terpilih sebagai salah satu penulis terbaik dalam lomba penulisan artikel geospasial untuk wartawan. 

Semakin Optimis

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia