Bersiap Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Created on Thursday, 05 April 2018
Tahun 1813 atau dua abad silam, tranformasi perdagangan terjadi dengan lahirnya mesin uap yang membuat kapal-kapal layar ditinggalkan.

 

Revolusi itu menggilas penguasa perekonomian lama yang gagal beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan gagap mengatasi perubahan hingga akhirnya terpaksa gulung tikar.

Situasi yang nyaris sama kembali muncul dengan digitaslisasi ekonomi dan sendi-sendi kehidupan lainnya atau dikenal dengan revolusi industri 4.0.  Fase ini mencakup terus berkembangnya kecerdasan buatan, penggunaan robot, teknologi pesawat tanpa awak (drone), mobil yang dapat berjalan otomatis, hingga perkembangan bioteknologi. Revolusi 4.0 merupakan penggabungan dunia digital (online) dengan lini produksi di industri. Semua proses produksi akan berjalan beriringan bersama internet sebagai penopang utama.

Tantangan revolusi industri 4.0 harus direspons secara cepat dan tepat oleh semua pihak khususnya para pemangku kepentingan. Bukan hanya sektor ekonomi dan industri, namun juga semua layanan publik harus bergerak ke sana, jika tidak ingin terjadi krisis digital karena sumber daya manusia (SDM) kita tidak siap mengantisipasi dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

- Redaksi

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia