Mengantar Pulau Bawean Mendunia

Created on Thursday, 05 April 2018
Ratusan yacht dari berbagai negara bakal singgah di Bawean, dalam Wonderful Sail to Indonesia, Oktober 2018. Perhelatan internasional ini akan mengantar pulau kecil di Jawa Timur itu mendunia. 

 

Pesona Pulau Bawean tak kalah dengan pulau-pulau indah di Indonesia yang sudah dikenal hingga manca negara. Menjadi tuan rumah sail tahun ini, adalah kesempatan untuk mengenalkan keelokan dan potensi pariwisata Bawean pada dunia. Tak hanya pantainya yang menawan, perairan Bawean dan gugusan pulau kecil di sekitarnya juga menyimpan keindahan bawah laut.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari, Indroyono Soesilo, mengatakan, wisatawan terutama dari mancanegara pasti senang mengunjungi Bawean, sebab memiliki pantai dan lokasi menyelam yang masih alami. Selama ini, pariwisata belum jadi sektor yang ditonjolkan di Pulau Bawean, sehingga pantai-pantai yang indah itu pun belum terjamah wisatawan. “Sayang sekali, selama ini pariwisata di Bawean belum digarap, padahal pantainya sangat cantik. Dengan akses yang juga mudah, mestinya, Bawean bisa jadi pulau wisata yang banyak dikunjungi wisatawan,” kata Indroyono.  

Memilih Bawean sebagai lokasi sail tahunan, menurut Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata itu, pemerintah berharap potensi pariwisata Bawean dan pulau kecil di sekitarnya, dapat dikenal dan menjadi destinasi favorit. Bukan hanya oleh wisatawan dalam negeri, namun juga wisatawan mancanegara (Wisman). Seperti tahun-tahun sebelumnya, Wonderful Sail to Indonesia 2018 atau Sail Bawean 2018, akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi pariwisata. Tidak hanya parade kapal layar mewah (yacht) dari berbagai negara. Tetapi juga pawai budaya, seminar, pentas seni, aneka perlombaan, dan beberapa kegiatan lain bertema pariwisata.

“Ini untuk pertama kalinya Pulau Bawean jadi lokasi perhelatan pariwisata kelas dunia. Suatu kebanggaan, sebab ini adalah peluang emas bagi Bawean untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi wisata alam dan wisata budaya yang selama ini belum dikenal,” kata Ahmad Najid, salah satu penggagas Sail Bawean 2018.  

Pulau Bawean berada di wilayah Kabupaten Gresik. Dengan jarak sekitar 120 km di utara Kota Santri itu, Bawean dapat dijangkau dengan kapal maupun pesawat. Sejak Januari 2016, ada penerbangan dari Surabaya ke Bawean. Sementara itu, menyambut Sail Bawean 2018, Pemerintah Kabupaten Gresik menyiapkan tambahan kapal cepat, yang akan difungsikan juga sebagai kapal wisata.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di

Majalah Sains Indonesia Edisi 76 April 2018

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia