Hutan Indonesia, Riwayatmu Kini

21 Maret diperingati sebagai Hari Hutan Sedunia. Dengan berbagai program silih berganti di setiap rezim pemerintahan, bagaimana kondisi hutan Indonesia kini?

Serahkan Saja pada Ahlinya

Tidak saja belantara lebat dengan pepohonan tua yang begitu rindang. Di pekarangan - pekarangan penduduk, pohon berbagai macam buah terlihat subur, di antara tanaman sengon dan jati yang menghijau.

Memanen Listrik dari Hutan

Pada Mei 2017, PT PLN akan membangun pembangkit listrik berbahan bakar biomassa di Kalimantan Tengah (Kalteng). Bahan bakar utamanya adalah kayu, hasil panen dari hutan tanaman yang ada di sekitar lokasi.

Panen Berlimpah Belum Jamin Kesejahteraan

Hasil panen rumput laut Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) selalu melimpah. Tidak jarang, pembeli dari luar negeri pun sengaja datang memborong. Namun, itu tak serta merta membuat Ismail dan petani lain, meraup untung.

Menanti Gebrakan Susi Selanjutnya

Gebrakan Susi memberantas illegal fishing berjalan sukses. Namun, publik menanti gebrakan selanjutnya yang menyentuh perbaikan ekonomi rakyat.

Membangkitkan Vaname, Menghidupkan Pantura

Dengan potensi yang terbukti menjanjikan, vaname harusnya menjadi prioritas pemerintah untuk mengembalikan kejayaan budidaya udang. Vaname bisa menjadi solusi untuk menghidupkan kembali tambak-tambak mangkrak di Tanah Air, termasuk di Pantura.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia