Benahi Produktivitas dan Mutu Kopi dan Kakao Agar Petani Sejahtera

Produktivitas serta nilai tambah yang dihasilkan kopi dan kakao lokal dinilai tidak sebanding dengan luas lahan yang ada. Perlu strategi khusus agar komoditas unggulan ini menghasilkan produk bernilai tinggi.

Jutaan Benih Kopi dan Kakao Siap Disalurkan

Sejak tahun lalu, Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) telah memproduksi bibit unggul kopi dan kakao. Ada sekitar 2,5 juta benih yang diproduksi, dan semuanya siap disalurkan April ini.

Menuju Swasembada Bawang Putih 2019

Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan swasembada bawang putih tahun depan. Berbagai upaya lantas dilakukan untuk mengembalikan kejayaan komoditas yang dulu pernah menjadi primadona ini. 

Kepala Puslitbanghorti: Optimistis Swasembada Bawang Putih Terwujud

Bawang putih menjadi salah satu perhatian utama Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini. Program perbenihannya telah dilakukan sejak tahun lalu.

Mengembangkan Sentra Pangan Penyangga Kota Besar

Kementerian Pertanian (Kementan) menetapkan 11 kabupaten di Lampung, Banten, dan Jawa Barat sebagai sentra produsen pangan guna memasok sekaligus menghindari gejolak harga di ibukota. 

Fosfat Alam Tingkatkan Produktivitas Jagung

Hasil riset Balai Penelitian Tanah (Battanah), Badan Litbang Pertanian menunjukkan, fosfat alam terbukti jitu meningkatkan produksi jagung sebesar 30% dan menghemat biaya 25 %. 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia