BB Mektan Tulang Punggung Modernisasi Pertanian

Mekanisasi pertanian merupakan pintu masuk awal bagi modernisasi pertanian. Kesan pertanian yang kumuh, yang membuat anak-anak muda enggan menjadi petani, pelan tapi pasti bisa dihilangkan melalui mekanisasi. Mekanisasi juga membuat pertanian lebih efisien serta mampu mendongkrak produksi pangan nasional. 

Mesin Panen Multikomoditas Wujudkan Swasembada Jagung

Penggunaan mesin panen multikomoditas mempercepat panen, menghemat biaya, dan mencegah kehilangan hasil. Dengan alat yang sama petani bisa memanen padi, jagung, dan kedelai.

Industrialisasi Ayam Kampung Bikin Peternak Untung

Gambaran lingkungan yang kotor, kumuh dengan bau menyengat langsung sirna saat memasuki kompleks peternakan Sumber Unggas di Kampung Cogreg, Parung, Jawa Barat, pertengahan Januari lalu. Bau khas kandang ayam memang masih tercium, namun tidak sekuat kandang ayam pada umumnya.

Ayam KUB dari Skala Rumah Tangga Hingga Industri Besar

Sejak tahun 2012 ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB) sudah mulai disebarkan ke seluruh Indonesia. Saat ini telah berkembang di 28 provinsi dan sudah disebarkan sebanyak lebih dari 1,5 juta ekor day old chick (DOC) atau anak ayam umur sehari, final stock (FS) dan pullet (usia empat bulan) dari ayam KUB.

Cara Bijak Memanfaatkan Lahan Gambut

Indonesia menargetkan untuk menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 mendatang. Artinya pada saat itu produksi sejumlah komoditas pangan seperti padi, jagung, kedelai, dan daging sapi Indonesia sudah mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Lahan Gambut Tetap Lestari dengan Teknologi

Kontribusi lahan gambut untuk perekonomian nasional tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari ekspor sawit saja, setiap tahun devisa negara yang didapat mencapai Rp 200 triliun – Rp 250 triliun. Dari tiga juta hektare (ha) hutan tanaman industri di lahan gambut, sumbangan devisanya mencapai puluhan triliun rupiah per tahun.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia