Memproduksi Bahan Baku Obat dari Ekstrak Kayu

Impor bahan baku obat pada 2016 menembus angka Rp 15 triliun atau 90% bahan baku obat-obatan di impor. Temuan tim peneliti Institut Pertanian Bogor yang dipimpin Wasrin Syafii, berupa bahan baku obat dari ekstrak pohon, memberi harapan turunnya nilai impor.

Mendeteksi Bahan Baku Obat HIV dengan Mikroba


Jumlah penderita HIV/AIDS dari kalangan bawah terus bertambah. Masih impornya bahan baku membuat harganya tak terjangkau kalangan ini. Sistem pendeteksi bahan baku lokal yang dikembangkan Azzania Fibriani menjanjikan harga obat jauh lebih murah.

Menstruasi Dini Picu Kanker Payudara

Datangnya menstruasi atau haid pertama pada remaja putri kini makin cepat. Hormon Estradiol yang muncul bersamaan dengan menstruasi bisa memicu kanker payudara.

Obat Antikanker dari Ekstrak Karang Lunak

Senyawa organik pada karang lunak (Sarcophyton) mampu mematikan sel-sel kanker. Eksplorasi bahan obat-obatan dari laut ini diyakini mampu mengurangi ketergantungan impor.

Shafa Annisa, Pertahankan Rekor Dunia Memory Championship

Shafa Annisa tampak sumringah saat menerima medali emas Asia Memory Championship & 3rd Hong Kong Open Memory Championship 2015. Puteri Sangata ini berhasil mempertahankan rekor dunia untuk kategori mengingat wajah dan nama.

Mahasiswa Polban, Juarai Kontes Robot Internasional

Robot pemadam api karya Politeknik Bandung ini meraih emas pada Trinity College International Robot Contest 2015 yang digelar di Amerika Serikat.

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia