Mengukur Keliling Bumi di Hari Tanpa Bayangan

Equinox terjadi dua kali dalam setahun dan saat itu negara di equator bisa disaksikan benda tanpa bayangan Matahari. Fenomena ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur keliling Bumi.

Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi Percepat Pembangunan Nasional

Indonesia berhasil memenuhi kebutuhan citra satelit beresolusi tinggi. Kemandirian data penginderaan jauh ini sangat krusial mendorong percepatan pembangunan nasional.

4 Peristiwa Langit Sepanjang 2018

Catat tanggalnya, empat peristiwa langit menarik ini akan datang hingga penghujung tahun nanti.

Nama Nurtanio Untuk N-219

Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2017, Presiden Jokowi meresmikan nama Pesawat  Terbang N-219 NURTANIO produksi PT Dirgantara Indonesia sebagai penghormatan kepada Tokoh Penerbangan Nasional, Laksamana Muda Udara Nurtanio Pronggoadisuryo. 

Indonesia Segera Miliki Observatorium Nasional di Kupang

 

Tahun ini, Observatorium Nasional (Obnas) di pegunungan Timau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dibangun. Kelak, Obnas Timau akan menjadi pengawas langit terbesar di ASEAN sekaligus menjadi lokasi wisata alam serta pusat penelitian dan teknologi keantariksaan.

Ujung Tombak Industri Penerbangan Nasional

Kementerian Perindustrian telah mengusulkan pesawat R80 sebagai proyek strategis nasional 2017. Hal ini diapresiasi oleh mantan Presiden BJ Habibie yang optimistis pesawat R80 akan menjadi ujung tombak industri penerbangan Indonesia

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia