Magnet Bumi Berubah. Kelak, Matahari Terbit dari Barat

Kutub magnet akan terbalik. Utara menjadi selatan, selatan menjadi utara. Matahari pun terbit dari barat. 

Membiakkan Bakteri, Memanen Emas Murni

Kabar baik datang dari dunia riset Jerman-Australia. Tim riset gabungan dari Martin Luther University Halle-Wittenberg (MLU), Technical University of Munich (TUM), dan University of Adelaide (UA) di Australia berhasil menemukan bakteri yang dapat memanen emas murni (24 karat) dari limbah logam berat.

AI Berpotensi Hancurkan Peradaban

Dunia perlu waspada menggunakan 
artificial intelligence (AI). Fisikawan  Stephen Hawking telah memperingatkan bahwa kecerdasan buatan (AI) berpotensi menghancurkan peradaban. Bahkan, bisa menjadi sumber bencana terburuk bagi kemanusiaan. 

Enzim Penyibak Paradoks Metan Lautan

Tim Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menemukan struktur enzim penghasil precursor metana pada mikroba laut. Temuan ini dapat menjelaskan rahasia paradoks  metana di lautan, sekaligus menjelaskan ihwal pemanasan global.

Sirkit Gen MIT untuk Antikanker

Sebagai solusi antikanker, tim MIT telah mengembangkan sirkuit gen sintetis. Sirkit ini dapat  memicu sistem kekebalan tubuh yang siap beraksi menyerang kanker saat tanda penyakit muncul dan terdeteksi.

Mencari Model Mesin Fotosintetis Buatan

Kelak, fotosintetis dapat dilakukan oleh organisme mana pun. Waktunya fleksibel, dapat berlangsung kapan pun sesuai kebutuhan. Tak harus ada sinar matahari. Tidak juga tergantung pada ada tidaknya zat hijau daun, klorofil. 

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia