35 Tahun INKINDO DKI Jakarta "Bersinergi Membangun Indonesia"

Created on Thursday, 16 March 2017

Judul Buku

:

35 Tahun INKINDO DKI Jakarta "Bersinergi Membangun Indonesia" 

Penulis

:

M. Budiman dan Urip Yustono 

 

 Terbit   

:

 Desember 2016

Ukuran

:

 17 cm x  25 cm

Harga

:

  Rp. 150.000

Tebal Buku

:

 xiii + 348 halaman

 

Sengkarut mendera konsultan saat ini. Sebut saja mulai dari kecilnya insentif gaji yang diterima, harga drastis agar menang proyek, maraknya praktik billing rate yang diturunkan commitment fee, pinjam bendera perusahaan, hingga pelanggaran etika. Bahkan, puluhan konsultan mendekam dalam penjara lantaran terjerat kasus hukum. 

Dengan berbagai kondisi tersebut, wajar jika para sarjana baru lulusan terbaik tak tertarik bekerja sebagai konsultan. Kini konsultan dalam posisidilematis. Di tengah suasana memprihatinkan tersebut, ia justru sangat dibutuhkan dalam membangun perekonomian bangsa. Tak ada negaramaju yang tidak memiliki konsultan yang kuat dan mumpuni. 

Buku yang sedang Anda baca ini berusaha merangkum perjalanan konsultan nasional sepanjang 35 tahun silam, sejak asosiasi perusahaan konsultan, Inkindo DKI Jakarta didirikan pada September 1982. Pada periode awal itulah konsultan mengalami era keemasan. Kitaberharap, masa-masa gemilang tersebut akan bangkit kembali dengan cara mengambil pelajaran dari sejarah; melanjutkan yang baik dan meninggalkan yang buruk. 

Apalagi saat ini dan ke depan pemerintah menggalakkan berbagai megaproyek infrastruktur yang sangat membutuhkan jasa konsultan. Tak hanya itu, dengan diberlakukannya pasar bebas di kawasan Asia Tenggara (MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN), konsultan kita sangat berpeluang berkarya menoreh prestasi, baik di rumah sendiri maupun di negara tetangga. 

Ini semua membutuhkan sinergi dengan para pemangku kepentingan terkait untuk membangun bangsa yang lebih maju dan bermartabat.

Tidak ada negara yang maju tanpa konsultan yang maju. 

Peter Frans

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia