Bagaiman Bayangan Terbentuk?

Created on Wednesday, 06 June 2012
iptek-remaja-01-rev
Bayangan muncul ketika ada sinar. Sinar santer dan sinar lampu di rumah juga dapat menimbulkan bayangan.

Sinar itu ada tiga jenis, yaitu sinar lurus, sinar pantul, dan sinar bias. Namun, hanya sinar lurus lah yang bisa membentuk bayangan. Sinar lurus adalah sinar yang tidak dibelokkan, atau sinar yang langsung mengenai objek.

Sedangkan sinar pantul adalah sinar yang dipantulkan oleh suatu permukaan objek, seperti cermin dan kertas. Dan sinar bias adalah sinar yang dibelokkan saat melewati dua medium yang berbeda kerapatannya.

Nah, mengapa sinar lurus bisa membentuk bayangan? Bayangan terbentuk ketika sinar terhalang oleh suatu objek dan tidak dapat menembus objek tersebut.
Saat matahari menyinari tubuh kita atau benda lainnya, sinarnya terhalang oleh tubuh kita sehingga sinar matahari membentuk bayangan tubuh kita di atas permukaan jalan.

Posisi sinar matahari akan menentukan sudut sinar datang dan menentukan panjang suatu bayangan. Jadi jangan heran ya, jika bayanganmu pada siang hari lebih pendek daripada saat sore hari.

Itu karena pada siang hari, matahari berada tepat di atas kepala kita. Saat itu sinar matahari jatuh tegak lurus sehingga hanya menyinari sebagian permukaan bumi. Akibatnya, bayangan yang timbul menjadi pendek.

Sedangkan pada sore hari saat matahari akan tenggelam, sinarnya jatuh ke Bumi dari samping atau condong dari barat, sehingga permukaan bumi yang terkena sinarnya lebih luas. Maka bayangan yang timbul menjadi panjang.

Artikel selengkapnya bisa anda baca di Majalah SAINS Indonesia Edisi 06

Copyright 2012. Majalah SAINS Indonesia