4 Cara Melihat Hasil Google Form + Cara Membuat Pertanyaannya

Cara Melihat Hasil Google Form Di HP dan PC serta Cara Membuat Pertanyaannya – Halo sobat sains dimanapun kalian berada, yang sedang sibuk maupun yang sedang meluangkan waktunya untuk mampir ke website kami.

Kali ini kita akan membahas “bagaimana cara melihat hasil google form di HP atau PC ?” jadi simak baik-baik ya.

Semenjak datangnya wabah Covid-19 yang membawa dampak untuk kita semua seperti, menjaga jarak, memakai masker saat kita hendak keluar rumah dan lain sebagainya.

Dikarnakan adanya wabah covid-19 kegiatan para pekerja maupun sekolah harus dikerjakan dirumah secara virtual atau Daring. Dengan alasanya, agar kita tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan menyesuaikan instruktur pemerintah.

Sejak saat itulah banyak orang yang memanfaatkan layanan aplikasi Google Form untuk mengumpulkan berbagai informasi. Dan sebelum kita bahas mengenai google form tersebut, baiknya kita kenali terlebih dahulu “apa itu google form?”.

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Form?

Google Form adalah sala satu aplikasi yang memudahkan kita untuk membuat Formulir, Survei, QnA, Kuisioner secara online. Aplikasi ini adalah produk Google yang dirilis pada tahun 2008.

Fitur yang ada pada aplikasi google form tersebut memudahkan kita mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens, lalu memudahkan kita untuk mengumpulkan informasi secara realtime.

Cukup kamu bagikan tautannya ke audiens, kemudian akan terisi oleh mereka secara online.

Macam-macam Cara Melihat Hasil Google Form

Mungkin mudah untuk kalian membuatnya, tapi masih banyak juga dari kalian yang belum tau bagaimana cara melihat hasil google form di HP atau PC.

Kami telah menyediakan untuk kalian bagaimana cara melihat hasil google form dari Handphone dan komputer atau hal lainnya. Simak ulasan berikut :

Baca Juga : Download WhatsApp Aero Apk untuk Android & iOS Terbaru

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form

Sebelum kalian mengetahui begaimana cara melihat hasil google form, yang pertama kalian harus lebih dulu mempunyai akun Google kemudian mempunyai Google Form tersebut.

Jadi sebelum kami menjelaskan lebih lanjut, kalian harus lebih dulu membuat pertanyaan atau formulir yang akan diberikan oleh para peserta tersebut.

Jika kalian sudah mengetahui cara membuatnya atau sudah memiliki Formulir tersebut, silahkan lanjut kepembahasan selanjutnya dibawah ini.

Beberapa langkah mengenai cara membuat pertanyaan atau Formulir di Google Form :

  • Masuklah tautan ini : docs.google.com
  • Pilihlah tamplate yang dibutuhkan
  • Lalu klik pada bagian yang bertanda (+) atau blank document. Berikan nama yang diinginkan pada dokumen dan tulis deskripsinya.
  • Selanjutnya, berikan pertanyaan pada bagian kolom untitle question dan pilih jenis pertanyaan nya seperti contoh : short answer, checkboxes, multiple choise, paragraph, linear scale dan lain sebagainya.
  • Kalian juga bisa menambahkan gambar pada bagian menu Upload, dan lakukan hal yang sama untuk soal berikutnya.
  • Jika sudah selesai membuat soal, kalian bisa review ulang sebelum mengirim peserta audiens
  • Ketika sudah yakin dengan form yang kalian buat, kalian bisa mengirimnya ke para peserta audiens melalui Email, Landing page, Whatsapp atau sosial media lainnya.

Begitulah sekiranya cara membuat formulir atau soal ujian untuk para peserta audiens. Jangan lupa juga untuk kalian “save” Formulir yang sudah kalian buat.

Agar tidak terjadinya kehilangan atau mengulang kembali pertanya-pertanyaan yang sudah kalian buat untuk para audiens. Kalian bisa simpan Formulir tersebut di Google Drive atau bisa juga di HP dan PC kalian.

Cukup terbilang mudah bukan ? Jika kalian sudah memiliki Formulirnya dan ingin tau cara mengecek hasilnya. Kalian langsung saja simak penjelasan dibawah ini ya.

1. Cara Melihat Hasil Google Form Lewat HP

Cara melihat hasil Google Form lewat hp atau smartphone cukup mudah, kalian ikuti aja langkah-langkah bagian berikut :

Cara Melihat Hasil Google Form Lewat HP
  • Masukan atau Login akun Google kalian.
  • Buka Google drive kalian
  • Pilih “Formulir” yang telah dibagikan kepada Responded
  • Lalu klik button Pensil pada bagian kanan bawah.
  • Kemudian klik Respons pada bagian tautan tersebut.

Setelah mengikuti petunjuk, tinggal kalian scroll kebawah, kalian juga bisa melihat hasil soal ujian secara “pertanyaan” atau secara “individu” atau lain sebagainya.

Dibagian ini kalian juga bisa mengubah “soal ujian” atau jawaban-jawaban yang telah kalian buat.

2. Cara Melihat Hasil Google Form lewat PC

Jika kalian ingin melihat hasilnya melalui PC atau Laptop, caranya sama saja seperti melihat hasil melalui HP. Berikut langkah-langkahnya :

Cara Melihat Hasil Google Form lewat PC
  • Masuk atau Login ke akun Google kalian.
  • Pilih Drive pada bagian Aplikasi Google yang ada di kanan atas laman.
  • Pilih “Formulir” atau “Soal Ujian” tersebut.
  • Klik Respond pada bagian tautan tersebut

Sama hal nya seperti lewat HP, kalian bisa melihat hasilnya secara “pertanyaan” atau “individu” dan hal yang lainnya.

Kalian juga bisa mengubah soal ujian tersebut dan juga bisa mendownload hasil soal ujian tersebut dengan format file PDF, Zipped, Ods, Xisx dan lain sebagainya.

3. Cara Melihat Hasil Google Form Lewat FormApp

Dengan adanya aplikasi Google Form atau FormApp yang akan lebih mempermudah kita untuk melihat hasil google form yang telah kita buat.

Cara Melihat Hasil Google Form Lewat Aplikasi

Dan kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasinya. Berikut ini cara menggunakan aplikasi FormApp :

  • Harus memiliki Aplikasi FormApp terlebih dahulu.
  • Masuk atau Login akun Google kalian pada aplikasi tersebut.
  • Buka Aplikasi FormApp tersebut
  • Pilih Google Form.
  • Klik pada “Formulir” atau “Soal Ujian”
  • Lalu Klik View Respons.

Menggunakan aplikasi ini, kita bisa langsung bagikan ke Whatsapp, Twitter dan lain sebagainya. Dalam aplikasi ini kalian juga bisa mengedit formulir atau soal ujian tersebut, dan bisa juga menghapus pada aplikasi FormApp ini.

4. Cara Melihat Hasil Google Form Lewat Browser

Untuk melihat hasil Google Form dari Browser, kalian harus mengakses tautan berikut ini https://docs.google.com/forms/u/0/

  • Pilih Form yang kalian ingin kalian lihat
  • Lihatlah menu Responses
  • Kemudian Klik Export untuk melihat hasilnya dalam format spreadsheet

Cukup mudah bukan untuk yang satu ini? tidak perlu ribet harus download aplikasi atau beberapa hal lainnya. Namun jika kalian membutuhkan lampiran, laporan atau yang lainnya. yang ingin dicetak.

Masuklah kebagian Responses kemudian klik icon titik 3 yang ada di kanan atas lalu pilih opsi print All responses. Kalian akan melihat review documen yang ingin kalian cetak.

Lalu tekan “save” dan pilihlah dimana kalian ingin menyimpan file tersebut. Dan file tersebut akan tersimpan sebagai format PDF.

Kesimpulan

Dengan adanya Google Form mempermudah kita untuk tetap melakukan kegiatan diluar rumah seperti mengajar atau sekolah. Dizaman pandemi seperti ini para Guru dan Murit-murit masih bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Menariknya dari Google Form hasil perhitungan sudah secara otomatis dan tidak perlu dengan cara manual.

Jadi itulah penjelasan mengenai informasi beberapa cara melihat hasil Google Form di HP atau PC. Buat kalian tetap semanagt menjalani pandemi seperti ini.

Jangan lupa kunjungi terus website kami di www.sainsindonesia.co.id agar tidak ketinggalan info-info penting lainnya. Selamat menjalani aktifitasmu, tetap semangat dan kami ucapkan Trimakasih.