Cara Membuat Website Sendiri Gratis Tanpa Coding, Mudah!

Bingung mau ngembangin usaha? sekarang berkat adanya teknologi kamu bisa ngembangin usaha via online apalagi sekarang banyak cara Membuat Website Sendiri dengan sangat mudah.

Cara membuat situs web banyak dicari oleh orang karena ingin meniti karir di bidang dunia online. Contohnya adalah digital marketing, blogger, dan untuk membuka toko online. Oleh sebab itu, membuat web sederhana dan mudah banyak dicari.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari cara buat website yang mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa coding. Simak penjelasan lengkapnya.

Cara Membuat Situs Web Gratis dan Mudah untuk Pemula

Cara Membuat Situs Web Gratis dan Mudah untuk Pemula

Berikut adalah cara membuat web sederhana yang mudah dan cocok bagi pemula.

1. Tentukan Jenis Website

Sebelum membuat web sederhana, cara membuat website sendiri yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu jenis website apa yang nantinya dibuat. Hal ini penting agar website yang Anda bangun fokus di tema tertentu sehingga pengguna akan mengingat jenis konten Anda.

Untuk cara membuat situs website sendiri, Anda perlu memikirkan jenis website yang bisa dilakukan dengan merisetnya di internet. Berikut adalah beberapa rekomendasi dari jenis website yang populer sebagai langkah awal cara buat website untuk pemula:

  • Toko online atau e-commerce. Jenis website ini adalah web yang sering dijumpai dan banyak mendapatkan visitor. Anda dapat membuatnya jika memiliki produk tertentu untuk dijual. Anda bisa dengan mudah melakukan promosi ke customer di dunia.
  • Blog. Kegunaan website untuk blog ini sudah dilakukan sejak lama. Fungsi blog sendiri merupakan website untuk pribadi yang berguna untuk membuat artikel terkait dengan hobi Anda, kegiatan bisnis, sampai untuk mendapatkan penghasilan.
  • Edukasi. Jenis website ini sering dibangun karena banyaknya pengunjung yang merupakan pelajar berselancar di internet. Cara bikin websitenya dengan membuat konten edukasi terutama yang memang ahli di bidang tersebut.
  • Website Berita. Untuk jenis website ini disarankan untuk tidak sembarang orang yang membuatnya. Hal ini karena berita perlu memuat konten faktual yang biasanya dilakukan oleh jurnalistik yang bekerja di suatu media berita online tertentu. Untuk jenis website ini perlu memahami kode etik jurnalistik guna mematuhi aturan berita.
  • Komunitas Online. Anda bisa membuat jenis website ini yang berguna sebagai tempat bagi orang yang memiliki minat yang sama. Cara buat website ini ditandai dengan ekstensi seperti .org.
  • Portofolio. Website jenis portofolio akan membuat Anda meningkatkan reputasi diri di mata pengunjung karena umumnya ini dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak freelancer membuatnya agar terlihat lebih profesional.

2. Tentukan Platform Website

Setelah mendapatkan ide tentang jenis website yang Anda buat, langkah selanjutnya untuk cara buat website yang benar adalah menentukan platform website. Platform ini akan berguna untuk membuat website sederhana menjadi lebih berkembang.

Setidaknya ada 3 pilihan yang bisa digunakan untuk membuat web sederhana. Berikut adalah 3 pilihan platform untuk cara buat website:

  • Pakai CMS. CMS digunakan bagi Anda yang ingin membuat website gratis. CMS atau sistem manajemen konten akan memudahkan Anda memiliki web gratis seperti WordPress.
  • Pakai Coding. Coding ini adalah cara buat website yang sulit bagi pemula sehingga disarankan untuk tidak menggunakannya jika masih awam tentang teknis website. Namun, jika Anda adalah web developer ini tentu sudah menjadi makanan sehari-hari.
  • Pakai Website Builder. Platform terakhir untuk cara bikin website adalah menggunakan website builder. Cara ini cocok untuk pemula karena pengaturan website dapat dijalankan otomatis oleh penyedia layanannya.

3. Tentukan Nama Domain

Hal yang sederhana tapi tidak boleh ketinggalan adalah menentukan nama domain. Domain merupakan alamat website yang menghubungkan pengguna internet dengan website Anda.

Oleh sebab itu, penting membuat nama domain yang unik dan mudah diingat. Hal ini karena agar pengguna dapat masuk ke website Anda dengan mudah.

Jangan pula menggunakan nama dengan huruf double karena ini beresiko typo sehingga pengguna tidak bisa mengaksesnya.

Adapun tips cara membuat website sendiri dengan mudah itu adalah menentukan nama domain seperti berikut:

  • Buat nama domain yang mencerminkan bisnis Anda.
  • Tentukan ekstensi untuk website bisa memakai .com, .store, .org, dsb tergantung dari kebutuhan website.
  • Cek nama domain apakah sudah ada yang memakainya atau tidak melalui tool.
  • Beli domain lalu daftarkan.
  • Pilih nama yang mudah dieja.

Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran Word di Android atau PC

4. Tentukan Hosting dan Website Building Platform

Tentukan Hosting dan Website Building Platform

Cara bikin website selanjutnya adalah menentukan hosting dan website building. Website building adalah platform yang membantu Anda untuk cara membuat situs web yang cepat dan mudah.

Ada banyak situs yang menyediakannya dan Anda perlu login untuk mendapatkan akses untuk memilih template website, tambahkan halaman, sampai elemen pelengkap lainnya.

Sedangkan hosting merupakan tempat menyimpan semua data website secara online. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui kebutuhan dasar website dengan memilih hosting yang tepat.

Ketika memilih hosting, pastikan untuk memilih penyedia layanan yang tepat dan profesional. Hal ini karena hosting dan website building platform akan berpengaruh pada kinerja website.

Ketika kebutuhan website tidak terpenuhi, ini akan membuat website menjadi lemot dan down. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui jenis hosting terlebih dahulu meski membuat web sederhana. Berikut ini jenis hosting yang populer untuk cara bikin website.

a. Shared Hosting

Shared hosting adalah opsi bagi Anda yang menginginkan website sederhana dan masih pemula. Hal ini karena web hosting ini cocok digunakan bagi situs yang tidak banyak memiliki pengunjung.

Satu hosting ini akan menaungi banyak user yang dimana menggunakan sumber daya yang sama dengan batasan yang ketat. Karena memakai sumber daya yang sama, apabila user satu mengalami kendala, maka user lainnya juga ikut terpengaruh.

Namun, dengan menggunakannya, Anda bisa mendapatkan layanan seperti: domain gratis, instalasi mudah, control panel sederhana, dsb. Cara membuat situs web ini lebih mudah karena semua pengaturan umumnya sudah diatur oleh penyedia layanan.

b. Cloud Hosting

Hosting ini juga cukup populer digunakan oleh user karena cocok untuk cara bikin website dengan visitor yang tinggi. Contohnya seperti toko online, web perusahaan, dsb.

Hosting ini perpaduan dari shared hosting tetapi menggunakan virtual server. Sistem kerjanya yaitu menyimpan salinan data website ke berbagai server fisik. Jadi, ketika salah satu server sedang error, maka server lain dapat membuat website Anda tetap online dan bisa diakses.

Keuntungan dari Cloud Hosting adalah mendapatkan sumber daya terpisah, harga murah, ada SSL, dan alamat IP khusus.

c. VPS Hosting

Cara bikin website dengan VPS hosting menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuat website dengan skala besar. Penggunaan VPS hosting membuat user memiliki kendali penuh pada websitenya.

Oleh sebab itu, cara membuat situs web ini memerlukan kemampuan tentang pembuatan website dan server. Dengan VPS, website dapat menampung visitor yang tinggi.

Baca Juga : Teknik Membuat Foto Profil Yang Bagus Untuk Bisnis Di Media Sosial

5. Setup, Edit, dan Kustumisasi Website

Kustumisasi Website

Cara membuat situs web yang terakhir yaitu melakukan pengaturan setup, edit, dan kustomisasi website. Pengaturan ini penting untuk membuat tampilan website menjadi user friendly dan optimasi SEO sehingga trafik pengunjung menjadi bertambah.

Jika masih pemula, gunakan jasa desain web yang berkualitas dan terpercaya.

Kesimpulan

Untuk cara membuat Website Sendiri yang praktis, gunakan jasa dari Niagaweb yang membuat website Anda menjadi andal dan profesional. Gunakan cara buat website di atas juga agar menghasilkan website berkualitas.