Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp Di IOS Maupun Android

Halo… semua gimana nih kabarnya? yang pasti baik semuakan. Semoga kita selalu sehat, dijauhi dari segala penyakit yang sedang marak-maraknya pandemi Corona atau Covid-19. Dan kami akan menjelaskan cara Share Lokasi Lewat WhatsApp di iOs maupun Android.

Oke… pada kesempatan atau pertemuan kali ini saya akan memberi tahu atau menjelaskan secara singkat,padat dan jelas kepada kalian semua, bagaimana sih cara share lokasi lewat aplikasi WhatsApp.

Pernah gak sih kalian pada saat berada di suatu lokasi atau area dan kalian ingin memberi tahu teman, kerabat dan bahkan gebetan kalian untuk memberi tahu keberadaan kalian pada saat di lokasi atau area yang sedang kalian kunjungi.

Jika kalian tidak tahu bagaimana cara supaya mereka bisa tahu keberadaan kita eitss tenang saja, pada kali ini gue akan memberitahu kalian semua dengan singkat,padat dan jelas. Simak penjelasan dibawah yaa…

Apa sih Share Location itu? Dan Bagaimana Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Aplikasi WhatsApp

Kalian tau gak sih apa itu share location? share location itu adalah sebuah fitur yang terdapat pada handphone atau gadget kalian yang fungsi atau gunanya untuk memberi seseorang tentang keberadaan kalian semua.

Kemudian apa aja sih fitur-fitur share location yang terdapat pada handphone atau gadget anda, berikut atau simak penjelasan dibawah ini :

Oke… sebelum kita mulai untuk membahas fitur-fitur Share Location yang terdapat di aplikasi WhatsApp, alangkah baiknya kita mencari tahu itu dulu apa itu Fitur. Fitur adalah sesuatu karakteristik dari sebuah aplikasi.

Fitur-Fitur Yang Terdapat Pada Share Lokasi Lewat WhatsApp Terutama Di Aplikasi WhatsApp :

Berikut di bawah ini merupakan fitur-fitur yang terdapat cara Share Lokasi lewat WhatsApp di iOs maupun Android dan itu ada dua loh, jika kalian belum tau disini gue akan bersedia menjelaskan ke kalian semua apa aja sih fitur fiturnya. Mari kita cari tau.

Share Live Location

Share Live Location via WhatsApp

yang pertama itu fitur share live location, pasti ada yang belum tau kan apa itu share live location? Share location itu sebuah fitur di hp atau gadget kalian semua yang dapat memberi tahu keberadaan kalian secara live loh.

Jadi, share live location ini kita bisa memberi tahu keberadaan kita keteman atau kawan kalian secara real time atau pada saat itu kita mengirim titik lokasi kita. Titik lokasi tersebut akan mengikuti kita kemana pun kita bergerak.

Contohnya nih kita mengirimkan lokasi kita ke teman atau kawan kita, jika kita berpindah pindah atau jalan, titik lokasi tersebut akan mengikuti kita kemana pun.

Share Current Location

Send current Location

Kemudian fitur share loc yang kedua ini adalah Share Current Location. apa sih itu? Share current location itu ialah kita memberikan titik lokasi dimana kita berada saat itu juga, namun titik tersebut tidak akan mengikuti kita jika kita bergerak.

Jadi, jika kalian mengirimkan lokasi kalian ke seseorang, titik lokasi tersebut tidak akan berpindah walau kalian sedang berpindah pindah. Titik lokasi tersebut akan memberikan titiknya pada saat kalian membagikan lokasi tadi.

Berbeda dengan share live location, jika share live location bisa memberikan lokasi kita pada saat kita bergerak namun di fitur share current location ini jika kalian bergerak titik lokasi tidak akan mengikuti kalian bergerak.

Manfaat Share Location Di Aplikasi WhatsApp

Baca Juga : Cara Mencari Filter IG Yang Lagi Viral Di Tiktok

Jika kalian sudah tau apa saja fitur fitur share location di aplikasi whatsapp, banyak sekali loh manfaat share location, berikut manfaat share location di aplikasi WhatsApp :

Dapat Menginfokan Posisi Kalian Ke Semua Orang

Kalian dapat memberikan informasi keberadaan kalian dimana pun kapan pun kepada semua orang termasuk orang tua , teman ,bahkan pacar kalian.

Tidak Usah Susah-Susah Menanyakan Lokasi

Pernah gak sih kalian kesusahan mencari tahu lokasi teman kita.Waktu dulu kita menanyakan lokasi teman kita dengan meneleponnya, tapi sekarang kalian cukup meminta teman kalian untuk menshare lokasi nya saja, cukup mudah bukan.

Dapat Memantau Seseorang

Jika kalian di beri live share location kepada kawan atau teman kalian, kalian dapat memantau teman kalian melalui aplikasi whatsapp lewat hp atau gadget kalian.

Bagaimana Caranya Share Lokasi Lewat via WhatsApp ?

Berbagi lokasi kalian dengan menggunakan fitur share live location :

  1. Buka aplikasi WhatsApp di Handphone atau Gadget kalian: (Jika kalian belum punya aplikasi whatsapp di hp atau gadget kalian, kalian semua dapat mendownload dan menginstalnya di playstore atau appstore)
  2. Buka chat obrolan individu atau group : Kemudian pilih seseorang atau group yang ingin kalian share location
  3. Klik ikon (+) atau ikon clip kertas : Selanjutnya pilih atau klik tombol (+) untuk user IOS dan ikon Clip kertas untuk user Android.
  4. Klik atau pilih ‘Location‘. Kemudian klik pilihan ‘Location
  5. Pilih ‘Share Live Location’. Jika kalian ingin membagikan lokasi secara live pilih atau klik ‘Share Live Location
  6. Pilih dan tentukan tempo atau durasi yang akan kalian bagikan mulai dari 15 menit bahkan 8 jam.
  7. Pastikan hp atau gadget kalian GPS (Global Policy and Strategy) dalam keadaan On atau Nyala.
  8. Selesai : Share lokasi dengan fitur live location berhasil di bagikan kepada kawan atau teman kalian.

Berbagi lokasi kalian dengan menggunakan fitur share current location :

  1. Pastikan GPS (Global Policy and Strategy) dalam keadaan hidup atau nyala. Jika kalian ingin membagikan lokasi keberadaan kalian, kalian harus menghidupkan GPS (global Policy and Strategy) kalian terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi WhatsApp di Handphone atau Gadget kalian: (Jika kalian belum punya aplikasi whatsapp di hp atau gadget kalian, kalian semua dapat mendownload dan menginstalnya di playstore atau appstore)
  3. Buka chat obrolan individu atau group : Kemudian pilih seseorang atau group yang ingin kalian share location
  4. Klik ikon (+) atau ikon clip kertas : Selanjutnya pilih atau klik tombol (+) untuk user IOS dan ikon Clip kertas untuk user Android.
  5. Klik atau pilih ‘Location‘. Kemudian klik pilihan ‘Location
  6. Pilih opsi ‘send your current your location‘ Kemudian setelah itu kalian pilih ‘send your current location‘ atau dalam bahasa indonesianya ‘kirim lokasi anda saat ini’.
  7. Kemudian GPS (Global Policy and Strategy) akan menangkap dan mendeteksi keberadaan kalian.
  8. Setelah itu pilih lokasi mana yang ingin kalian bagikan kepada teman atau kawan kalian.
  9. Setelah sudah di pilih lokasi mana yang ingin kalian bagikan kepada teman atau kawan kalian, kemudian kalian pilih dan klik ‘send your current location‘ atau dalam bahasa indonesia adalah ‘kirim lokasi anda saat ini’.
  10. Selesai : Share location yang kamu bagikan sudah terkirim kepada teman atau kawan kamu tersebut, dan teman kamu sudah bisa melihat kamu sedang berada di mana.

Untuk lebih memastikan titik lokasi yang ingin kalian berikan kepada teman atau kawan kalian, kalian juga bisa atau dapat mengetik alamat yang ingin kalian bagikan atau tuju.

Oke seperti itulah kira-kira cara Share Lokasi lewat WhatsApp di iOs maupun Android. Di era sekarang ini zaman sudah berubah dan teknologi sudah makin canggih, maka itu kita harus beradaptasi dengan lingkungan era sekarang.