Cara Transfer OVO ke DANA dan Sebaliknya dengan Mudah

Banyak yang ingin tahu cara transfer OVO ke DANA. Makin lama teknologi semakin berkembang pesat dan tentu memberi dampak positif bagi masyarakat, termasuk perkembangan aplikasi dompet digital untuk smartphone yang saat ini sudah banyak pilihannya, misalnya OVO dan DANA.

Sekadar info, OVO dan DANA adalah aplikasi dompet digital atau e-wallet yang aman dan terpercaya di Indonesia. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kedua aplikasi ini yaitu transfer uang ke sesama e-wallet atau ke bank, menerima uang, dan pembayaran secara online tanpa uang cash atau kartu ATM.

Kalau kamu pengguna baru aplikasi tersebut, pasti kamu penasaran bagaimana cara transfer OVO ke DANA atau sebaliknya? Simak artikel ini hingga akhir untuk dapat jawabannya dan bisa langung mempraktikan hal ini.

Cara Download Aplikasi OVO dan DANA

Buat yang belum punya OVO atau DANA, kamu bisa kamu download kedua aplikasi ini secara gratis, baik untuk Android maupun untuk iOS. Caranya juga sangat mudah, kamu cukup ikuti langkah berikut ini:

  • Buka Google Play Store atau App Store di smartphone kamu
  • Ketik “OVO” atau “DANA” di kolom pencarian
  • Klik “Install” atau “Unduh” dan tunggu prosesnya hingga selesai
  • Setelah selesai, buka aplikasi tersebut dan isikan data yang diminta

Agar lebih simpel, kamu juga bisa download OVO dan DANA dengan klik link di bawah ini:

Syarat Cara Transfer OVO ke DANA

Syarat Cara Transfer OVO ke DANA

Aplikasi OVO dan DANA sama-sama sudah terdaftar di lembaga keuangan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang membuat aplikasi ini 100% aman untuk kamu gunakan sebagai media transaksi.

Namun, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa transfer uang dari OVO ke DANA maupun dari DANA ke OVO. Agar bisa transfer uang dari OVO, kamu harus upgrade ke OVO Premier. Begitu pula jika ingin transfer dari DANA, harus upgrade ke DANA Premium. 

Jadi, jika kamu mencari cara transfer OVO ke DANA tanpa upgrade, belum bisa. Cara upgrade ke akun premium cukup mudah dan tidak memerlukan biaya alias gratis. 

  • Kamu cuma perlu verifikasi dengan meng-upload foto atau scan KTP asli yang masih berlaku dan mengikuti instruksi yang ada pada layar ponsel kamu. Tapi, apa akun penerima juga harus premium? Tidak. Untuk akun si penerima bebas, mau akun biasa pun tetap bisa menerima uang. 
  • Jadi hanya akun pengirim yang wajib upgrade ke akun premier atau premium. Apa ada ketentuan minimal saldo untuk kedua aplikasi ini? Tentu saja ada. 
  • Akun OVO biasa juga bisa disebut dengan akun OVO Club. Saldo minimal yang ada pada akunmu harus cukup untuk nominal uang yang perlu kamu transfer ditambah biaya admin. Biaya admin atau biaya transfer beda-beda tiap aplikasi.

Dengan upgrade ke aplikasi premium OVO atau DANA, kamu bisa menikmati banyak keuntungan lainnya dibandingkan dengan akun biasa, yaitu limit saldo yang kamu dapatkan lebih banyak. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback lebih banyak.

Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan ada lebih banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari akun premium. Jadi, apa kamu sudah upgrade ke akun premium? Kalau belum, segera upgrade. Cara upgrade ke OVO Premier ada di bawah ini.

Cara Transfer OVO ke DANA

Pada dasarnya, cara transfer OVO ke aplikasi DANA sama saja dengan transfer uang ke bank. Bedanya adalah nomor rekening yang digunakan adalah nomor Virtual Account (VA) DANA, jadi bukan rekening penerima langsung.

Kamu bisa transfer OVO ke DANA minimal 10.000 rupiah dan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500. Itulah alasan saldo minimal di akun OVO adalah 12.500 rupiah agar bisa transfer uang ke DANA. Sebelum transfer, pastikan saldo OVO cukup dan akun sudah upgrade ke OVO Premier.

Oleh karena itu belum ada cara transfer OVO ke DANA tanpa biaya admin. Lalu, bagaimana cara untuk transfer OVO ke DANA? Kamu bisa ikuti 9 langkah mudah berikut ini:

  1. Buka Aplikasi OVO

Langkah pertama tentu saja membuka aplikasi OVO yang ada di smartphone kamu, lalu masukkan 6 digit angka security code yang sudah kamu buat saat registrasi atau pembuatan akun. Pastikan juga jaringan internet kamu lancar agar proses transaksi tidak terhambat.

  1. Klik Menu “Transfer”

Setelah berhasil login ke akun OVO, maka akan muncul tampilan utama dari aplikasi OVO, lalu pilih menu “Transfer”.

  1. Klik “Ke Rekening Bank”

Akan ada 2 pilihan transfer, yaitu ke sesama OVO atau ke rekening bank. Kamu pilih yang “Ke Rekening Bank”.

  1. Pilih Bank Tujuan

Cara transfer OVO ke DANA selanjutnya yaitu klik tanda panah ke bawah pada kolom “Bank Tujuan”, lalu pilih Permata Bank atau CIMB Niaga.

  1. Masukkan Nomor Rekening

Masukkan kode transfer bank diikuti dengan nomor handphone akun DANA tujuan kamu. Kode transfer Permata Bank adalah 8528, sedangkan kode transfer CIMB Niaga adalah 8059. Contohnya seperti 8528081234123321. Jangan lupa untuk memastikan nomor HP penerima benar ya.

  1. Masukkan Nominal Transfer dan Pesan

Tulis jumlah uang yang akan kamu transfer ke DANA. Ingat ya, minimal transfer adalah Rp10.000. Jika ada pesan untuk penerima, kamu bisa menuliskannya di kolom “pesan”, misalnya “Bayar kos Dian bulan Januari”. Tapi pesan ini opsional, boleh diisi dan boleh tidak. Jika sudah, klik “Lanjutkan”.

  1. Konfirmasi Transfer

Cek kembali data-data yang muncul di layar ponsel kamu, mulai dari penerima, sumber dana, pesan, dan detail biaya. Jika data sudah dipastikan benar, klik “Transfer”.

  1. Masukkan PIN OVO

Langkah cara transfer OVO ke DANA yang terakhir yaitu masukkan nomor PIN akun OVO yang biasa kamu gunakan. Jangan sebarkan nomor PIN ini kepada siapa pun agar akunmu tetap aman.

  1. Selesai

Jika langkah-langkah di atas sudah kamu ikuti dan muncul notifikasi berhasil transfer, otomatis saldo DANA penerima akan bertambah dan saldo OVO kamu berkurang. Kalau transaksi berhasil tapi saldo tidak berubah, sebaiknya langsung hubungi pihak OVO agar dilakukan pengecekan transaksi.

Bagaimana menurut kamu, cara transfer OVO ke DANA terbaru cukup mudah, bukan? Mungkin ada pertanyaan di benak kamu, berapa nilai maksimal yang bisa diterima DANA? Nominal yang bisa diterima DANA tergantung jenis akun DANA si penerima. 

Kalau akun DANA masih akun biasa, maka saldo maksimalnya adalah 2 juta rupiah. Jika akun DANA Premium, saldo si penerima bisa sampai 10 juta rupiah. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu jenis akun DANA penerima jika ingin mengirim uang dengan jumlah besar.

Cara Transfer DANA ke OVO

Setelah membahas cara transfer OVO ke DANA, mari kita bahas tentang cara transfer DANA ke OVO. Sama seperti OVO, DANA juga bisa transfer uang ke aplikasi dompet digital lainnya. Biasanya, pengguna baru aplikasi DANA bisa transfer ke OVO secara gratis, tapi terbatas dan hanya bisa dilakukan 10 kali. 

Setelah lebih dari 10 kali, akan dikenakan biaya transfer sebesar 4.500 rupiah per transaksi. Minimal jumlah uang yang bisa kamu transfer dari DANA ke OVO adalah 10.000 rupiah. Jadi, pastikan saldo kamu cukup ya.

Cara transfer OVO ke DANA hanya ada satu cara, tapi transfer sebaliknya ada tiga cara. Langsung saja kita bahas, berikut adalah 3 cara yang bisa kamu pilih untuk transfer uang dari DANA ke OVO:

  1. Menggunakan Fitur “Kirim”

Cara yang pertama yaitu menggunakan fitur “Kirim” yang langsung terlihat saat membuka DANA. Begini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi DANA dan login akun kamu.
  • Klik menu “Kirim”.
  • Lalu klik “Kirim ke Rekening Bank”.
  • Pada kolom “Pilihan Bank”, pilihlah CIMB Niaga atau Bank National Nobu.
  • Masukkan kode bank ditambah nomor handphone akun OVO penerima. Kode jika menggunakan CIMB Niaga adalah 8099, sedangkan kode Bank National
Masukkan kode bank ditambah nomor handphone akun OVO penerima
  • Nobu adalah 9. Jadi, contoh penulisannya seperti ini: 8099081222333444.
  • Kamu bisa menuliskan nama di kolom “nama alias”. Tapi ini opsional, jadi boleh tidak diisi.
  • Jika data sudah kamu isikan, selanjutnya klik “Tambah Bank Baru”.
  • Masukkan jumlah uang yang akan dikirim ke OVO, lalu klik “Lanjut”.
  • Tuliskan catatan di kolom “Tambah Catatan” jika diperlukan.
  • Pastikan kembali nomor OVO yang kamu tulis sudah benar.
  • Jika sudah benar, klik “Konfirmasi”.
  • Masukkan PIN DANA untuk verifikasi keamanan.
  • Tunggu hingga proses transaksi selesai dan muncul notifikasi berhasil transfer.
  1. Menggunakan Fitur “Tarik Saldo”

Cara transfer DANA ke OVO selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur “Tarik Saldo”. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah:

  • Masuk ke akun DANA kamu.
  • Pilih menu “Lihat Semua”.
  • Klik “Tarik Saldo”.
  • Klik “Transfer Bank” dan isikan jumlah uang yang ingin ditransfer ke OVO.
  • Pada kolom nama bank, pilih CIMB Niaga atau Bank National Nobu.
  • Masukkan kode bank ditambah nomor HP OVO penerima. Jika menggunakan CIMB Niaga, masukkan kode bank 8099. Tapi jika menggunakan Bank National Nobu, kode gunakan kode bank 9. Contoh penulisannya yaitu 9081234567891.
  • Lalu klik “Tarik Saldo”.
  • Akan muncul tampilan “Konfirmasi Tarik Saldo”, lalu cek data-data yang sudah diisikan. Pastikan tidak ada data yang salah.
  • Jika sudah dipastikan data terisi dengan benar, klik “Tarik Saldo”.
  • Masukkan PIN DANA yang biasa kamu gunakan.
  • Tunggu prosesnya selesai sampai muncul notifikasi transfer berhasil.
  1. Menggunakan fitur “Saldo Digital”

Fitur “Saldo Digital” di aplikasi DANA berfungsi untuk top up atau transfer uang ke aplikasi dompet lainnya, yaitu OVO, ShopeePay, dan GoPay. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu upgrade ke akun premium untuk bisa transfer uang. Cara transfernya pun lebih mudah dibanding dua cara di atas.

Saat transfer, kamu akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp999 per transaksi berapapun nominalnya. Cukup murah, kan? Nah, beginilah cara transfer DANA ke OVO lewat “Saldo Digital”:

  • Buka aplikasi DANA di smartphone kamu, lalu login.
  • Pilih menu “Lihat Semua”.
  • Klik “Top Up” dan pilih “Saldo Digital”.
Klik Top Up dan pilih Saldo Digital
  • Klik “OVO” karena akan transfer ke akun OVO.
  • Masukkan nomor handphone akun OVO penerima dan pastikan tertulis dengan benar.
  • Masukkan nominal yang ingin ditransfer, lalu klik “Lanjutkan”.
  • Cek lagi data yang sudah diisikan. Jika sudah yakin benar, klik “Konfirmasi”.
  • Klik “Bayar” untuk memulai proses pengiriman uang ke OVO.
  • Masukkan PIN DANA untuk verifikasi.
  • Selesai. Cek apakah uang sudah benar masuk ke akun OVO atau belum.

Itulah 3 cara transfer DANA ke OVO. Cara nomor berapa yang menurut kamu paling simpel?

Cara Upgrade ke Akun OVO Premier

Ada banyak yang penasaran bagaimana cara transfer OVO ke DANA gratis? Perlu diketahui bahwa hal ini tidak gratis. Salah satu syarat untuk bisa transfer OVO ke DANA adalah upgrade akun. Mungkin kamu masih bingung bagaimana cara upgrade dari akun OVO biasa (OVO Club) ke akun OVO Premier.

Yuk, ketahui terlebih dahulu perbedaan dan keuntungan apa saja yang akan kamu dapatkan jika menggunakan akun OVO Premier berikut ini:

  • Saldo maksimal yang bisa ditampung OVO Club adalah 2 juta rupiah, sedangkan OVO Premier bisa sampai 10 juta rupiah
  • Kamu tidak bisa transfer uang dari akun OVO Club ke sesama pengguna OVO maupun ke rekening, tapi OVO Premier bisa
  • OVO Club tidak bisa untuk bayar tagihan setiap bulan, tapi OVO Premier bisa
  • OVO Club tidak bisa aktivasi OVO Invest dan OVO Paylater, sedangkan OVO Premier bisa

Lebih menguntungkan bukan? Ingin tahu cara upgrade OVO Club ke OVO Premier? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Pertama-tama, siapkan kartu identitas berupa KTP, SIM, atau paspor yang asli dan masih berlaku
  • Buka aplikasi OVO, lalu login ke akun kamu.
  • Klik menu “Profile”.
  • Klik “Upgrade”.
  • Foto diri dan kartu identitas menggunakan handphone langsung dari aplikasi OVO, lalu unggah foto tersebut.
Foto diri dan kartu identitas menggunakan handphone langsung dari aplikasi OVO, lalu unggah foto tersebut.
  • Isi data yang diminta sesuai dengan data yang ada di KTP.
  • Isi “Nama Ibu Kandung” (Mother Maiden Name) dengan benar untuk identifikasi pemilik akun OVO.
  • Langkah terakhir, klik “Konfirmasi” lalu tunggu hingga proses pengajuan akun OVO Premier kamu berhasil

Ada sedikit tips agar proses pengajuan OVO Premier kamu berhasil:

  • Pastikan kondisi kartu identitas asli kamu dalam keadaan baik, tidak rusak, tidak berlubang, dan bukan fotocopy atau scan.
  • Kamu harus berada di tempat yang pencahayaannya cukup.
  • Hasil foto selfie dan kartu identitas harus bisa dibaca dengan jelas, tidak terpotong, terang, dan tangan tidak menutupi informasi di kartu identitas agar proses identifikasi berjalan lancar.

Sekian artikel tentang cara transfer OVO ke DANA 2022. Di era modern seperti sekarang ini disarankan untuk punya minimal satu aplikasi dompet digital karena akan memudahkan kamu untuk melakukan transaksi secara online di mana pun kamu berada.
Artikel ini dibuat pada Februari 2022. Kalau kamu tahu informasi tentang cara transfer OVO ke DANA, kamu bisa memperbaharui hal ini dan memberitahukan pada teman yang membutuhkan info ini. Komen juga aplikasi mana yang menurut kamu paling mudah dioperasikan? OVO atau DANA?