Struktur, Ciri, Fungsi, Jenis Dan Pengertian Vakuola (Tumbuhan & Hewan)

Pada dasarnya pengertian vakuola adalah salah satu organel penyusun sel tumbuhan dan hewan. Untuk lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian vakuola selengkapnya dan perbedaan tumbuhan dan hewan.

Apa itu Vakuola?

Vakuola adalah

Dilihat dari pengertian vakuola yaitu salah satu organel seluler berupa ruang berisi cairan, seperti rongga berselaput membran yang didalamnya terdapat cairan berupa air, yang melarutkan berbagai zat seperti enzim, basa, asam, alkaloid, garam mineral dan lemak.

Vakuola dapat ditemukan pada sel tumbuhan sedangkan organel vakuola tidak ditemukan pada sel hewan dan bakteri, tetapi vakuola ini dapat ditemukan pada organisme uniseluler yang lebih rendah.

Apa Saja Ciri-Ciri Vakuola

Ciri-Ciri Vakuola

Ada beberapa ciri vakuola antara lain seperti berikut.

  • Itu mengambil bentuk ruang kosong yang tertutup dalam tonoplast atau membran.
  • Mengandung cairan bening.
  • Ukuran vakuola sel tumbuhan lebih besar dan berisi air, sedangkan ukuran vakuola pada sel hewan lebih kecil dari pada sel tumbuhan.
  • Vakuola pada hewan hanya terdapat pada organisme uniseluler saja dan vakuola sel tumbuhan lebih besar karena tumbuhan membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan nutrisi.
  • Beberapa tanaman yang menghasilkan minyak, tanin, alkaloid, dan getah akan menyimpannya dalam vakuola.

Apa Fungsi Vakuola?

Fungsi Vakuola

Fungsi vakuola secara umum adalah untuk menambah jumlah air yang mengalir melalui membran sehingga menimbulkan tekanan turgor, yaitu tekanan yang menggerakkan membran sel pada dinding sel tumbuhan dari luar ke dalam karena osmosis dari konsentrasi rendah air dalam vakuola memiliki konsentrasi lebih tinggi.

Fungsi turgor sel adalah untuk mempertahankan bentuk sel tumbuhan, sedangkan untuk fungsi fakuola sendiri ada banyak beberpa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai pengatur tekanan osmotik yang terjadi di dalam sel.
  • Sebagai cadangan minyak atsiri.
  • Sebagai tempat pembuangan sisa metabolisme dan metabolisme sekunder.
  • Sebagai pengatur turgor sel.
  • Untuk melindungi sel.
  • Sebagai cadangan produk sintetis seperti glukosa, pati, fenol dan glikogen.
  • menentukan tekanan turgor dalam sel.
  • Untuk mendukung pertumbuhan sel dan perkembangan sel.
  • Sebagai cadangan warna bunga, daun dan buah.
  • Sebagai tempat berlangsungnya distribusi zat-zat di dalam sel.
  • Sebagai tempat degradasi organel seluler lainnya.
  • Sebagai tempat pembuangan sampah/limbah.
  • Sebagai tempat penyimpanan bahan/zat tertentu.

Struktur Vakuola Pada Umumnya

Struktur Vakuola

Pada umumnya struktur vakuola tumbuhan berukuran besar, bahkan pada tumbuhan dewasa, semua bagian sitoplasma hampir habis, dan vakuola ditutupi oleh membran tunggal yang disebut tonoplas, yang berisi cairan yang sering disebut limfa sel, terdiri dari air dan berbagai zat terlarut lainnya.

Sementara itu, sel-sel muda memiliki sejumlah besar vakuola kecil dan kemudian bergabung menjadi satu vakuola besar saat sel tumbuhan berkembang. Vakuola terdiri dari retikulum endoplasma yang memanjang ke dalam saluran kecil yang disebut pravakuola, setelah itu pravakuola yang terbentuk menyatu menjadi organel bulat.

Perbedaan antara vakuola tumbuhan dan hewan adalah bahwa ada satu atau lebih vakuola dalam sel hewan. Selanjutnya, sifat struktur vakuola sel hewan bersifat sementara dan dalam banyak kasus struktur vakuola sel tumbuhan bersifat permanen dan bahkan lebih besar dari vakuola hewan.

Mengapa vakuola pada tumbuhan ini lebih besar daripada vakuola hewan?
Hal ini terjadi karena hewan dan manusia menggunakan energi langsung dari sel, sedangkan tumbuhan tidak menggunakannya secara langsung.

Sel tumbuhan membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan makanan, dan ada beberapa tumbuhan yang menghasilkan minyak, tanin, gum, dan alkaloid, yang kemudian disimpan dalam vakuola.

Kandungan vakuola meliputi berbagai senyawa organik dan anorganik, minyak atsiri, asam organik, pati, enzim, tanin, fruktosa, sukrosa, pewarna, dan mineral.

Vakuola Pada Tumbuhan

Hampir semua jenis tumbuhan memiliki vakuola dan ukuran vakuola tumbuhan dapat ditentukan dari umur tumbuhan tersebut, dimana semakin besar ukuran vakuola maka semakin tua tumbuhan tersebut dan sebaliknya.

Fungsi vakuola tumbuhan adalah untuk menyimpan sisa metabolisme, seperti getah bening untuk menyimpan garam mineral dan sukrosa, yang menghubungkan dinding sel dan sitoplasma.

Vakuola Pada Hewan

Perlu dicatat bahwa tidak semua hewan memiliki vakuola, hanya protozoa saja yang memilikinya. Ada dua jenis vakuola pada hewan, yaitu vakuola motil atau vakuola berdenyut dan vakuola makanan.

Fungsi vakuola pergelangan tangan adalah untuk menyimpan dan mengeluarkan cairan sisa metabolisme yang digunakan untuk mengatur kadar air dan garam dalam tubuh.

Sedangkan fungsi vakuola makanan adalah untuk menyimpan, mengolah dan mengedarkan makanan di seluruh bagian sel hewan.

Jenis Vakuola Berdasarkan Fungsinya

Jenis Vakuola

Kalau di lihat dari fungsinya vakuola ini dibagi menjadi 3 jenis beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Vakuola Makanan

Fungsi vakuola makanan atau vakuola nonkontraktil adalah untuk memproses dan mengedarkan produk pencernaan makanan ke seluruh tubuh.

Makanan yang dicerna dipindahkan ke sitosol untuk digunakan dan zat yang tidak dapat dicerna dikeluarkan dari sel.

Vakuola Denyut

Fungsi vakuola denyut atau vakuola kontraktil adalah sebagai osmoregulator yaitu mengatur nilai osmotik dalam sel.

Vakuola Pusat

Pada sel dewasa vakuola sentral menempati sekitar 95% dari total volume sel. Membran vakuola dalam sel tumbuhan disebut tonoplast yang sangat kedap air dan zat yang larut dalam air.

Perbedaan Utama Vakuola Tumbuhan dan Hewan

  • Sel tumbuhan berukuran besar dan dapat menampung hampir 90% ruang sel tumbuhan. Di sisi lain, ukuran vakuola hewan lebih kecil.
  • Dalam kebanyakan kasus, hanya ada satu vakuola sentral besar dalam sel tumbuhan. Biasanya lebih dari satu fungsi vakuola dalam sel hewan.
  • Struktur vakuola sel tumbuhan bersifat permanen dalam banyak kasus. Sebaliknya, struktur vakuola hewan bersifat sementara.
  • Kamu akan menemukan posisi vakuola tumbuhan berada ditengah. sedangkan vakuola hewan didistribusikan ke seluruh sel hewan.

Itulah yang bisa kami bahas tentang pentingnya pengertian vakuola, baik sifat, fungsi, struktur, jenis vakuola, dan perbedaan vakuola pada sel tumbuhan dan sel hewan.

Semoga dengan adanya informasi yang sudah di bagikan diatas bisa menambah pengetahuan kita semua.

Jangan lupa baca juga yang lainnya tentang :