Contoh Teks Eksposisi Singkat 3 Paragraf Beserta Strukturnya

Dalam kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan informasi atau kegiatan lain yang berbasis media elektronik maupun bukan dalam bentuk tertulis, sering dijumpai penggunaan contoh teks Eksposisi.

Tahukah kamu kalau informasi yang biasa kita temukan di berbagai media adalah sebuah kategori dalam contoh teks eksplanasi yang memberikan informasi?

Penggunaan teks jenis ini dianggap tepat untuk menyampaikan informasi dan argumentasi yang asli dan faktual.

Upaya penguasaan penggunaan teks eksplanasi bisa dilihat pada artikel Expository Text, yang sebelumnya dilakukan secara utuh, diawali dengan pembahasan makna, jenis, ciri, struktur, dan kemudian kemampuan membedakan contohnya.

Teks eksplanasi ini cenderung merupakan salah satu jenis teks yang lebih sederhana dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat membaca berita atau ilmu pengetahuan yang memberikan informasi tertentu.

Oleh karena itu, teks eksplanasi merupakan salah satu ilmu yang wajib diketahui dan dipelajari di sekolah.

Nah, kali ini saya mau memberikan beberapa contoh teks ekspositori ini, jadi mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Eksposisi?

pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah tulisan yang memberikan fakta atau informasi dalam bentuk paragraf yang berkembang untuk memperjelas suatu situasi sehingga pembaca bisa memperoleh wawasan.

Tulisan itu biasanya memuat ciri-ciri yang singkat, padat dan jelas sehingga pembaca bisa lebih mudah memahami maksudnya.

Lihat juga : Struktur, Ciri, Fungsi, Jenis Dan Pengertian Vakuola (Tumbuhan & Hewan)

Apa Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Setelah mengetahui penjelasan sebelumnya, tahukah kamu kalau teks Eksposisi memiliki ciri khas yang membedakannya dengan yang lain, yaitu dari segi deskripsi.

  • Teks ini dibagi menjadi bahasa standar.
  • Diskusi tertulis adalah fakta, bukan opini atau esai penulis.
  • Gunakan gaya penulisan yang persuasif dan informatif.
  • Data atau informasi tersebut dideskripsikan secara rinci dan jelas.
  • Ini berisi tulisan-tulisan yang objektif atau netral, yang berarti kalau tulisan-tulisan itu tidak memihak kepada semua orang.
    Jadi dalam hal ini penulis gak bisa menulis apa yang diinginkannya karena tulisan yang ditampilkan harus berdasarkan bukti yang jelas dan konkrit.
  • Menghasilkan data dan fakta karena didasarkan pada data dan fakta yang benar-benar valid.

Penjelasan di atas berisi fitur-fitur yang harus kamu ketahui. Jika sewaktu-waktu kamu menemukan ciri-ciri di atas, itu adalah teks eksplanasi dan kamu bisa dengan jelas membedakan teks eksplanasi dari teks lain.

Apa Saja Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Jenis Teks Eksposisi

Jika sebelumnya sudah membahas ciri-cirinya, kini ada jenis-jenis yang ada pada teks ini, berikut uraiannya.

Teks Eksposisi Definisi

Tipe ini cuma memberikan pemahaman atau definisi yang mendalam dengan topik yang mau dibahas. kamu sering menemukan teks jenis ini, sadar atau tidak sadar, karena ada banyak teks seperti itu.

Teks Eksposisi Pengerjaan

Jenis teks ini berisi tentang langkah-langkah atau prosedur untuk melaksanakan suatu pekerjaan secara berurutan dan sistematis dari tahap awal hingga tahap akhir pekerjaan.

Teks Eksposisi Gambaran

Jenis ini berisi berita atau topik tertentu yang menyajikan gambaran singkat namun jelas. Uraian yang terkandung harus bisa mencerminkan maksud yang ingin disampaikan pengarang.

Teks Eksposisi Laporan

Jenis ini berisi laporan tentang topik tertentu. Laporan ini bisa diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan sumber yang relevan.

Teks Eksposisi Komparatif

Tipe ini berisi argumen tertentu, tetapi relatif terhadap argumen lain. Secara umum, kedua subjek masih harus memiliki hubungan satu sama lain.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks ini berisi topik tertentu, tetapi bertentangan dengan topik lain. Biasanya teks-teks yang kontradiktif ini saling berkaitan.

Berikut beberapa jenisnya yang harus kamu ketahui. Karena jika kamu mengetahui hal ini, kamu bisa membedakan sifat teks ini.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Tahukah kamu kalau ada struktur teks yang berbeda saat membuat teks Eksposisi? Struktur ini adalah yang paling penting, lihat uraian berikut.

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Tesis ini merupakan tahap awal dalam teks Eksposisi, dalam pembahasan tertentu ini adalah asumsi dan kesimpulan yang diambilndalam sebuah teks. Meskipun tesis ini merupakan dugaan, hipotesis ini bukannya tak berdasar.

Klaim atau prediksi didukung oleh berbagai data yang valid. Jadi itu bukan cuma argumen yang tak berdasar. Tesis ini biasanya berada di awal kalimat, namun ada kemungkinan tesis ini berada di akhir kalimat teks.

Argumentasi

Argumen ini biasanya digunakan dalam bentuk proposisi untuk mendukung tesis yang ditulis di atas. Selain penilaian yang mendukung argumen ini, sanggahan juga bisa dibuat.

Argumentasi yang baik umumnya akan menyangkut dua hal ini, yaitu pengumpulan data yang mendukung dan membantah tesis yang dibuat sebelumnya.

Penegasan Ulang

Bagian ini berupa pernyataan pandangan atas fakta-fakta yang diuraikan dalam disertasi, serta argumen-argumennya. Singkatnya, ini adalah bagian konklusif dari masalah yang dibahas dalam karya yang diusulkan dan argumen yang disajikan.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi

Setelah kita mengtahui pengertian, struktur dan jenis-jenis teks eksposisi, saatnya kamu melihat contoh-contoh teks ekposisis berikut ini.

Contoh 1

Tesis :

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Dengan pendidikan, seseorang bisa mengenali jati dirinya. Identitas ini pastinya dibentuk oleh karakter seseorang terhadap dirinya sendiri.

Dengan adanya perubahan kurikulum yang telah berperan dalam membentuk karakter peserta didik. Pemerintah mengubah kurikulum satuan pendidikan menjadi kurikulum hingga saat ini.

Perubahan ini merupakan awal dari persyaratan pendidikan karakter dalam sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

Argumentasi :

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menekankan pada kemampuan pribadi siswa, atau pendidikan yang bertujuan untuk menggali potensi yang dimiliki individu, dalam hal ini adalah siswa.

Pendidikan karakter penting karena bisa menggali bakat terpendam setiap individu. Setiap siswa jelas punya kemampuan, kecerdasan serta potensi pada bidang yang berbeda-beda dan semua itu tidak sama.

Siswa yang gak berprestasi di kelas bukan berarti dia bodoh, tetapi mereka harus memiliki keterampilan di bidang tertentu, bahkan jika mereka tidak akademis.

Berdasarkan pendidikan karakter, siapa yang pintar atau tidak ditentukan di dalam kelas. Bahkan guru tak boleh menyebutnya sebagai siswa yang bodoh jika dia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan di kelas.

Pemerintah juga telah melakukan upaya untuk mewujudkan pendidikan karakter ini melalui kurikulum terbaru yaitu Karakter Toleran dalam bidang suku, agama, bahasa, budaya, adat istiadat, dan lain-lain.

Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Sehingga penanaman toleransi sudah diperhitungkan dan diperkenalkan di sekolah.

Oleh karena itu diwaktu yang akan datang pendidikan karakter harus mampu mempersiapkan peserta yang mampu bersaing dimasa depan. Setiap siswa harus punya keterampilan khusus yang dikuasainya.

Penegasan :

Pendidikan karakter merupakan hal utama peserta didik di masa depan. Siswa harus memiliki sikap toleran terhadap satu sama lain dan memiliki keterampilan atau potensi pribadi yang bisa dibanggakan,

Karena siswa adalah salah satu pewaris bangsa yang harus lebih dipersiapkan untuk kemajuan di era yang lebih modern seperti saat ini.

Lihat Juga : Macam-Macam Rumah Adat Papua + Manfaat dan Kegunaannya

Contoh 2

Tesis :

Pemanasan global telah menimbulkan berbagai dampak negatif seperti menipisnya lapisan ozon sehingga sinar ultraviolet bisa menembus langsung ke dalam bumi dan naiknya permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub.

Pemanasan global ini terjadi karena banyaknya karbon dioksida di atmosfer yang menyebabkan penipisan ozon setiap hari. Jumlah karbon dioksida di bumi gak seimbang dengan jumlah pohon yang bisa menyerap karbon dioksida.

Selain itu, hutan dibuka untuk lahan pertanian, perkebunan atau bahkan menjadikan hutan lindung menjadi hutan produksi.

Argumentasi :

Dunia mengalami kenaikan suhu yang cukup tajam dalam beberapa tahun terakhir. Pemanasan global terjadi karena banyaknya karbon dioksida di atmosfer bumi.

Gas karbon dioksida ini berasal dari gas buang pabrik atau mobil. Belum lagi kita tahu kalau lingkungan di sekitar kita pasti terdiri dari banyak pabrik yang bekerja yang menghasilkan karbon dioksida.

Ini baru di negara kita, bisa dibayangkan bagaimana rasanya di negara yang lebih maju? Negara-negara maju harus memiliki lebih banyak pabrik untuk melakukan kegiatan produktifnya.

Bisa dibayangkan berapa banyak gas karbon dioksida yang dihasilkan dalam kegiatan tersebut. Negara-negara maju harus mengatasi karbon dioksida yang dikeluarkan oleh kegiatan pabrik.

Dan seolah-olah itu belum cukup, hutan yang bisa meminimalkan gas karbon dioksida di bumi tidak lagi bisa memainkan perannya dengan baik karena banyak pohon di hutan yang ditebang.

Gak cuma tercatat, tetapi sudah ada beberapa kasus di Indonesia, misalnya seperti alih fungsi hutan dimana hutan yang awalnya berfungsi sebagai hutan lindung kini menjadi hutan produksi. Hal ini jelas membuat kondisi di negara kita semakin buruk.

Penegasan :

Pemanasan global yang melanda bumi beberapa tahun terakhir ini semakin parah saja. Hal ini disebabkan banyaknya pabrik yang bekerja yang menghasilkan asap dan juga karena peningkatan asap dari kendaraan bermotor.

Situasi ini diperparah dengan meningkatnya penebangan liar di hutan yang bisa berperan dalam pengurangan emisi gas. gak cuma sampai di situ, menebang hutan alih-alih fungsi hutan juga bisa membuat hutan gak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.